Friday, October 9, 2020

PERTEMUAN 2 IDENTITAS NASIONAL :



Setiap bangsa pasti memiliki identitas masing-masing. Entah itu bahasa, budaya dan lainnya. Identitas juga membuat suatu bangsa berbeda dari yang lainnya karena ibarat tanda pengenal bangsa itu sendiri. 

Pengertian Identitas Nasional merupakan suatu jati diri dari suatu bangsa. Artinya, jati diri tersebut merupakan milik suatu bangsa dan berbeda dengan banga lainnya. Dalam garis besarnya, identitas nasional merupakan suatu jati diri yang tidak hanya mengacu pada individu tertentu, namun juga berlaku untuk suatu kelompok/organisasi/negara.

Secara harfiah, identitas nasional adalah suatu kumpulan nilai budaya yang tumbuh dan berkembang pada macam – macam aspek kehidupan, baik dari ratusan suku atau budaya yang ada dihimpun menjadi satu kesatuan, seperti Indonesia. Di mana identitas nasional Indonesia sendiri mengacu pada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Untuk lebih memahami mengenai identitas nasional, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu dimensi-dimensi yang menjadi pembentuk identitas nasional. Dimensi-dimensi tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Dimensi psikologis

2. Dimensi budaya

3. Dimensi sejarah

4. Dimensi teritori

5. Dimensi politik

Fungsi dan Tujuan

Identitas nasional memiliki tujuan utama yakni sebagai alat untuk mempersatukan bangsa. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam suku, agama dan kebudayaan. 

Fungsi Identitas Nasional

– Sebagai Pembeda

Dengan adanya identitas nasional, maka suatu bangsa akan menjadi berbeda dengan bangsa lainnya.

– Sebagai Landasan Negara

Identitas nasional digunakan sebagai panduan, pemersatu dan merupakan pegangan agar bisa mewujudkan cita – cita dan tujuan negara tersebut.

– Nilai Potensi Bangsa

Selain itu, identitas nasional digunakan untuk gambaran akan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh negara tersebut. Sebab setiap negara berbeda satu sama lainnya.

Unsur Identitas Nasional

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak unsur identitas nasional yang bisa dimiliki suatu bangsa misalnya bahasa, budaya, produk budaya dan lainnya. Berikut adalah unsur pembentuk identitas nasional.

1. Bahasa

2. Suku Bangsa

3. Kebudayaan

4. Agama

Peran Identitas Nasional

– Sebagai Bahan Atau Objek Dalam Integrasi Nasional

– Menjadi Penanda Ikatan Solidaritas

– Menjadi Definisi Territorial

– Pengontrol Sumber Daya Ekonomi

– Mengatur Pemerintahan

– Melegitimasi Hak Dan Kewajiban Warga Negara

– Menjadi Ciri Khas Dari Sebuah Bangsa

– Menyediakan Nilai Atau Simbol Yang Sama

– Penghargaan Untuk Para Pendiri Bangsa

– Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

– Menjadi Keunikan Warga Bangsa Di Dunia

– Menjadi Penyaring Budaya Asing

Demikian ulasan mengenai identitas bangsa, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, hingga perannya dalam keutuhan suatu bangsa.




1 comment:

  1. Spade Tech | Titanium-arts.com | TITanium-arts.com
    Titanium-arts.com · Personal Care. titanium belly button rings · Tote. · Hair Removal · titanium mens wedding band Tissue Care. · Tote. · titanium fat bike Cosmetic tube supplier Care. · Tote. · Cosmetic Care. titanium alloy nier

    ReplyDelete