Saturday, February 20, 2016

Apakah Anda Sudah Melakukan Ini Untuk Kulit Wajah ?

Ada sebagian wanita yang hanya memiliki dua tahap perawatan kulit wajah: membersihkan dan memakai pelembab atau tabir surya. Bahkan, ada seorang sahabat saya yang hanya mengenakan tabir surya tanpa mengaplikasikan pelembabnya terlebih dahulu, alasannya, “Tabir suryanya sudah cukup lengket, jadi nggak perlu lagi pakai pelembab.”

Hmmm, rupanya sahabat saya tersebut tak tahu bahwa sebenarnya ada empat tahapan dasar untuk merawat kulit wajah setiap hari. Dua di antaranya, telah dia lewatkan. Padahal, perawatan dasar ini berguna untuk membersihkan, menyiapkan kulit untuk lebih menyerap kandungan produk dengan lebih baik, dan menjaga kesehatan kulit. Di antara empat tahapan dasar ini, adakah tahapan yang juga Anda lewatkan setiap harinya?

CLEANSER

Ya, membersihkan wajah adalah tahapan pertama yang harus dilakukan. Singkatnya, Anda berdosa besar jika melewatkan rutinitas ini. Membersihkan wajah (bukan membasuh) dengan pembersih khusus disarankan untuk dilakukan maksimal dua kali sehari. Kecuali jika Anda bekerja di area konstruksi atau seharian berada di luar ruangan, maka Anda bisa mencuci wajah setidaknya tiga kali.

Jika kulit Anda justru terasa kering atau terlalu kencang setelah dibersihkan, ada kemungkinan kandungan produk pembersih yang Anda gunakan tak cocok. Solusinya, ganti produk Anda ke produk dengan kandungan yang lebih lembut. Anda juga bisa memaksimalkan ritual membersihkan wajah dengan konsep double cleansing

TONER

Tahapan ini terkadang dilupakan karena fungsinya yang tak diketahui sebagian besar wanita. Toner berguna untuk menutup pori sehingga kotoran tak mudah masuk dan menyebabkan jerawat, misalnya. Karena pori-pori yang tertutup ini, kulit Anda pun terasa lebih kencang. Toner juga bisa menyeimbangkan kembali kadar pH kulit setelah dibersihkan. Agar lebih maksimal, Anda juga bisa melakukan double toning dengan menggunakan dua produk toner dengan fungsi yang berbeda.

MOISTURIZER

Ketika Anda membersihkan wajah, minyak alami kulit juga pasti ikut terangkat. Inilah alasan bagi Anda untuk wajib menggunakan pelembab sebagai pengganti sementaranya. Jika Anda menggunakan perawatan wajah dengan kandungan yang cukup ‘keras’, seperti benzoyl peroxide atau retinoid, kulit cenderung mudah kering, sensitif, ataupun kusam. Bagaimana cara mengatasinya? Dengan rutin pakai pelembab, tentu saja!
Pastikan Anda menyesuaikan produk pelembab wajah dengan jenis kulit. Anda yang punya kulit kering, disarankan memilih produk dengan tekstur creamy. Sementara jika kulit Anda cenderung berminyak, Anda bisa menggunakan produk bertekstur gel atau water-based. Gunakan pelembab tidak hanya pada siang hari, tetapi juga malam hari. Fungsinya, agar kulit tetap ternutrisi.

SUNSCREEN

Lupa menggunakan tabir surya termasuk dalam tiga kebiasaan buruk teratas yang dilakukan para wanita. Ayo, berikan perisai untuk kulit Anda dari efek sinar matahari yang merusak dengan tabir surya. Pilih produk dengan label SPF sebagai perintang sinar UVB yang menggelapkan kulit, serta label PA sebagai penangkal rusaknya kolagen dan pencegah terbentuknya sel kanker kulit. Jangan lupakan bagian leher juga ya, saat mengaplikasikannya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah melakukan keempat tahapan ini dengan benar? Semoga bermanfaat!



No comments:

Post a Comment